Cari di Blog Ini

Rabu, 22 April 2020

MENGANALISIS PERSONAL HYGIENE (BAGIAN 3)


3. Grooming (Penampilan Diri)
Penampilan merupakan bagian dari bentuk citra diri yang terpancar dari diri seseorang, karena penampilan merupakan suatu sarana komunikasi antara kita sebagai karyawan dengan customer dan rekan kerja. Penampilan diri tercermin dari dalam diri seseorang (inner beauty) sehingga seseorang itu kelihatan tampil menarik, berpenampilan menarik adalah salah satu kunci sukses seseorang. Dengan berpenampilan menarik maka rasa percaya diri akan semakin tinggi untuk dapat berhubungan dengan orang atau rekan kerja.
Standar penampilan karyawan adalah sebagai berikut:
a. Bagi wanita yaitu:
1)      Wajah bersih tidak berminyak.
2)      Memakai make up: minimum berbedak dengan polesan kosmetik lainnya seperti eye shadow, blush on sederhana, tipis sehingga kelihatannya tidak menyolok.
3)      Panjang rambut max sebatas bahu, bila melebihi bahu diikat dengan hairnet.
4)      Kuku dipotong pendek dan bersih serta tidak berkutek.
5)      Busana mengenakan seragam yang disediakan oleh perusahaan disesuaikan dengan bidang pekerjaan.
6)      Memakai pakaian dalam yang bersih dan stocking panjang.
7)      Pakaian dicuci dan disetrika rapi, dipelihara kerapihannya: kancing/ keliman/ ritsiliting jahitan jangan sampai terlepas.
8)      Id card dipasang di dada kiri atas sesuai peraturan, Id card tidak dicoret – coret  dan bersih.
9)      Sepatu hak minimal 1cm dan tergantung bagian dan seragam yang disediakan perusahaan.
10)  Jam tangan model formal, sederhana, tidak eksentrik.
11)  Assecories tidak berlebihan: cincin, giwang/ anting-anting, jam tangan dan kalung/ gelang.

b. Bagi pria yaitu:
1)      Wajah bersih tidak berminyak.
2)      Rambut tidak melebihi kerah baju tersisir rapi.
3)      Kuku dipotong pendek dan bersih.
4)      Tidak bercambang/ berjenggot dan berkumis.
5)      Busana mengenakan seragam yang disediakan oleh perusahaan disesuaikan dengan bidang pekerjaan.
6)      Memakai pakaian dalam singlet bukan T-Shirt.
7)      Kancing baju kemeja hanya bagian atas yang terbuka, tetapi bila memakai dasi maka kancing kemeja ditutup sampai bagian leher.
8)      Pakaian dicuci dan disetrika rapi, dipelihara kerapihannya: kancing/ keliman/ ritsiliting jahitan jangan sampai terlepas.
9)      Id card dipasang di dada kiri atas sesuai peraturan, Id card tidak dicoret-coret dan bersih.
10)  Celana sebatas mata kaki dan tidak diperkenankan memakai celana cutbray dan warna hitam.
11)  Ikat pinggang resmi dan warna hitam.
12)  Model sepatu resmi / casual hitam / sporty, dan bersih/bersemir.
Selain penampilan fisik, kita perlu memperhatikan kesehatan dan kebersihan pribadi yaitu:
  1. Tangan dan jari selalu bersih dan kuku digunting pendek.
  2. Rambut, tidak berketombe atau rontok.
  3. Hidung bagian dalam dan luar, kulit hidung sehat.
  4. Mulut dan gigi serta nafas dijaga agar tetap segar.
  5. Mata selalu cerah, bila mempergunakan kaca mata maka kaca mata harus selalu bersih.
  6. Telinga bagian luar dan dalam bersih.
  7. Wajah agar sehat dan segar.
  8. Kaki tidak berbau saat buka kaos kaki atau sepatu.

Penampilan diri staf perhotelan disesuaikan dengan bidang Front Office dan Housekeeping, diantaranya adalah penampilan sikap yaitu:
  1. Berdiri dengan bertumpu pada kedua kaki hendaknya berdiri dengan sejajar, jangan sampai salah satu kaki mengendor dan yang satu tegak.
  2. Duduklah dengan tegap sempurna, tidak membungkuk, kaki dalam posisi rapi dan sopan.
  3. Berjalan apa adanya dengan alami, jalan dengan tegap, teratur jangan dibuat-buat, tidak tunduk dan menyeret sepatu.
  4. Berbicara sopan sesuaikan dengan keadaan/ suasana lingkungan kerja, rapat/ dalam keadaan resmi.
  5. Ketika dipersilahkan untuk menyampaikan pendapat ataupun sebagainya, gunakan bahasa baku, sopan, tekanan suara lebih lembut, rendah ataupun sedang (jangan tinggi).
  6. Dalam lingkungan kerja biasa gunakan bahasa sehari- hari tapi sopan dan tidak menyinggung orang lain
  7. Menghadiri pesta resmi harus memperhatikan beberapa hal yaitu:
1)      mengambil makanan saat dipersilahkan oleh mc, waktu makan bersama dan antri dengan tenang dan sabar
2)      Sebaiknya tidak mengambil makanan terlalu penuh
3)      Tidak menumpahkan makanan/ memecahkan piring/ gelas
4)      Makan dengan suapan sederhana, jangan terlalu penuh dan terburu-buru
5)      Tidak makan terlalu cepat saat menguyah makanan
6)      Hindari gerakan yang kurang sopan agar tidak mengganggu kenyamanan orang lain
7)      Keadaan bersih dan rapi saat mengkonsumsi makanan
8)      Setelah acara makan selesai ucapkan terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar