Cari di Blog Ini

Rabu, 22 April 2020

MENGANALISIS PERSONAL HYGIENE (BAGIAN 1)

1. Definisi Personal Hygiene
Istilah personal hygiene berasal dari bahasa Yunani, personal artinya perorangan dan hygiene berarti sehat. Personal hygiene adalah suatu aktivitas untuk menjaga serta merawat tubuh agar tubuh selalu sehat dan bersih serta mampu meningkatkan derajat kesehatan pada tubuh sehingga masalah kesehatan serta dampak negatif dari fisik maupun sosial dapat teratasi dengan baik.

2. Jenis – Jenis Personal Hygiene
Menurut Uliyah dan Hidayat (2008), personal hygiene dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain; budaya, nilai sosial pada individu atau keluarga, pengetahuan terhadap perawatan diri, serta persepsi terhadap perawatan diri. Sedangkan menurut Perry dan Potter (2005), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan personal hygiene, yaitu sebagai berikut:
  1. Citra tubuh. Penampilan umum pasien dapat menggambarkan pentingnya hygiene pada orang tersebut. Citra tubuh merupakan konsep subjektif seseorang tentang penampilan fisiknya. Citra tubuh ini dapat sering berubah. Citra tubuh mempengaruhi cara mempertahankan hygiene. Citra tubuh dapat berubah akibat adanya pembedahan atau penyakit fisik maka harus membuat suatu usaha ekstra untuk meningkatkan hygiene.
  2. Praktik sosial. Kelompok-kelompok sosial wadah seseorang pasien berhubungan dapat mempengaruhi praktik hygiene pribadi. Selama masa kanak-kanak, kanak-kanak mendapatkan praktik hygiene dari orang tua mereka. Kebiasaan keluarga, jumlah orang dirumah, dan ketersediaan air panas dan atau air mengalir hanya merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi perawatan kebersihan.
  3. Status sosio ekonomi. Sumber daya ekonomi seseorang mempengaruhi jenis dan tingkat praktik kebersihan yang dilakukan. Apakah dapat menyediakan bahan-bahan yang penting seperti deodoran, sampo, pasta gigi, dan kosmestik (alat-alat yang membantu dalam memelihara hygiene dalam lingkungan rumah).
  4. Pengetahuan. Pengetahuan tentang pentingnya hygiene dan implikasinya bagi kesehatan mempengaruhi praktik hygiene. Kendati demikian, pengetahuan itu sendiri tidak cukup, harus termotivasi untuk memelihara perawatan diri.
  5. Kebudayaan. Kepercayaan kebudayaan pasien dan nilai pribadi mempengaruhi perawatan hygiene. Orang dari latar kebudayaan yang berbeda mengikuti praktek perawatan diri yang berbeda.
  6. Pilihan pribadi. Kebebasan individu untuk memilih waktu untuk perawatan diri, memilih produk yang ingin digunakan, dan memilih bagaimana cara melakukan hygiene.
  7. Kondisi fisik. Pada keadaan sakit tertentu kemampuan untuk merawat diri berkurang sehingga perlu bantuan untuk melakukan perawatan diri.

Menurut Green (1980), terdapat tiga faktor yang mempengaruhi perilaku kesehatan (personal hygiene), yaitu:
  1. Faktor predisposisi. Termasuk di dalamnya adalah pengetahuan, sikap, kepercayaan, tradisi, nilai budaya atau norma yang diyakini seseorang.
  2. Faktor pendukung. Yaitu faktor lingkungan yang memfasilitasi perilaku seseorang. Faktor pendukung di sini adalah ketersediaan sumber-sumber atau fasilitas. Misalnya puskesmas, obat-obatan, alat- alat kontrasepsi, jamban, air bersih dan sebagainya.
  3. Faktor pendorong atau penguat. Faktor yang menentukan apakah tindakan kesehatan memperoleh dukungan atau tidak. Faktor ini terwujud dalam sikap dan perilaku. Perilaku orang lain yang berpengaruh (tokoh masyarakat, tokoh agama, guru, petugas kesehatan, keluarga, pemegang kekuasaan) yang dapat menjadi pendorong seseorang untuk berperilaku.

31 komentar:

  1. Mengenal apa itu personal hygiene Dan faktor-faktor yang terpengaruh personal hygiene

    BalasHapus
  2. Nama : Kadek Diva Alvina Dewi

    Mengenal jenis-jenis faktor dari personal hygiene.

    BalasHapus
  3. Nama: Ni Kadek Dwi Darmayanti
    No: 29
    Kls: XPH3

    Ilmu tambahan yang saya dapatkan adalah lebih mengenal tentang Personal Hygiene ,jenis-jenis personal hygiene serta faktor yang menpengaruhi seseorang melakukan personal hygiene.

    BalasHapus
  4. Nama: Kadek Ayu Sekaryuni
    No:22
    Saya jadi mengetahui definisi dari Personal Hygiene dan mengetahui budaya juga termasuk faktor yang mempengaruhi Personal Hygiene.

    BalasHapus
  5. Nama : Leoni Fitria Suryawati Dewi
    No : 24
    Kls : XPh3

    Saya jadi lebih tau tentang apa itu personal hygiene, jenis-jenis, dan faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene.

    BalasHapus
  6. Ni Komang Debi Suandewi
    XPH3 / 32

    Lebih mengenal apa itu personal hygiene, dan mengetahui jenis - jenis personal hygiene dan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama : I Kadek Ricky Suryawan
      No : 13
      Kelas : XPH3

      Mengenal jenis-jenis faktor dari personal hygiene. Serta faktor yang menpengaruhi seseorang melakukan personal hygiene.

      Hapus
  7. Nama : I Dewa Ayu Intan Mega Cahyani
    No : 03
    Kelas : XPH3

    Mengenal jenis jenis dari faktor personal hygiene & mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene

    BalasHapus
  8. Nama:Ni Kadek Ariningsih
    No :26

    Saya jadi lebih mengetahui definisi personal hygiene,jenis-jenis personal hygiene dan faktor-faktor yang mempengaruhi personal hygiene.

    BalasHapus
  9. Nama:I Made Bayu Saputra
    No:14
    Kelas:XPH.3

    Lebih mengenal apa itu personal hygiene, dan mengetahui jenis - jenis personal hygiene dan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene

    BalasHapus
  10. Nama :Ni Kadek Andina Prastika Dewi(25)

    Pengetahuan saya bertambah tentang jenis-jenis dan faktor yang mempengaruhi personal hygiene

    BalasHapus
  11. Nama : I Made Krisna Adnyana Putra
    No : 15
    Kelas : XPH3

    Pengetahuan tambahan yang saya dapat adalah tentang definisi personal hygiene, jenis-jenis personal hygiene seperti dan beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene.

    BalasHapus
  12. Nama:Ni Kadek Ayu Ni
    No :28
    Kls:X PH 3
    Hal yang dapat saya pelajari dari artikel di atas adalah definisi personal hygiene yang dijelaskan secara terperinci, jenis-jenis personal hygiene,dan faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan personal hygiene menurut para ahli.

    BalasHapus
  13. Nama: I Gede Hedi Surya Pramana
    No:06
    Kelas:Xph3

    Saya jadi mengetahui definisi dari Personal Hygiene dan mengetahui budaya juga termasuk faktor yang mempengaruhi Personal Hygiene.

    BalasHapus
  14. Nama : I Putu Agus Arya Ardinanta
    Kelas : X PH 3
    No : 17

    Saya mandapatkan pengetahuan tentang menganalisis personal hygiene,definisi personal hygiene,jenis-jenis personal hygiene,dan faktor yang mempengaruhi personal h6giene

    BalasHapus
  15. Nama: I Putu Yogi Cakrayana
    No:18
    Kelas:X PH3

    Lebih mengenal apa itu personal hygiene, dan mengetahui jenis - jenis personal hygiene dan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene

    BalasHapus
  16. Nama : I Kadek Krisna Jayantara
    No : 11
    Kelas : X PH 3

    Pengetahuan tambahan yang saya dapatkan adalaha tentang definisi personal hygiene,jenis jenis personal hygiene dan faktor yang mempengaruhi personal hygiene

    BalasHapus
  17. Nama : Desi Wulandari
    Kelas : X ph3
    No : 01

    Dari artikel ini saya mendapatkan ilmu tambahan yaitu saya lebih memahami tentang apa itu personal hygiene, lebih memahami tentang jenis dan faktor yang bisa mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene

    BalasHapus
  18. Nama : I Kadek Nusa Widiarta
    No : 12
    Kls : Xph3


    Dari artikel atau materi diatas saya mendapatkan pengetahuan tambahan tentang apa itu personal hygiene dan mengetahui jenis,faktor yang mempengaruhi personal hygiene.

    BalasHapus
  19. Nama : Gede Ega Gusna Wijaya
    No : 02
    Kelas : XPH3

    Mendapat pengetahuan tambahan tentang definisi personal hygiene, jenis jenis personal hygiene dan faktor yang mempengaruhi personal hygiene

    BalasHapus
  20. Nama : Kadek Ayu Anastasia Dewi
    Kelas : XPH 3
    No : 21

    Materi yang saya dapat hari ini tentang definisi personal hygiene, jenis jenis dan faktor faktor yang mempengaruhi personal hygiene

    BalasHapus
  21. Nama: I Kadek Ari Nurjaya Putra
    No: 08
    Kelas: Xph3

    Lebih mengenal apa itu personal hygiene, dan jenis-jenis hygiene termasuk faktor-faktornyaa

    BalasHapus
  22. Saya bisa mengetahui apa itu personal hygiene dan jenis-jenis hygiene termasuk faktor-faktornya dll.

    BalasHapus
  23. Nama:I Wayan Agus Prima Mahardika
    No:19
    Kelas: xph3
    Saya bisa mengetahui apa itu personal hygiene dan jenis-jenis hygiene termasuk faktor-faktornya dll.

    BalasHapus
  24. Nama : I Made Wawan Adi Pratama
    No : 16
    Kelas : X Ph 3

    Saya bisa mengetahui apa itu personal hygiene dan jenis jenis hygiene termasuk faktornya dll

    BalasHapus
  25. Nama : Irene Sonya Estefani
    No : 20
    Kelas : Xph3

    Dari artikel ini saya dapat memahami materi baru dan pengetahuan baru tentang personal hygiene dan jenis-jenisnya

    BalasHapus
  26. Nama: I Gede Guna Artha
    No:5
    Kelas:XPH3

    Lebih mengenal apa itu personal hygiene, dan mengetahui jenis - jenis personal hygiene dan mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene dan memahami materi baru dan pengetahuan baru tentang personal hygiene dan jenis-jenisnya

    BalasHapus
  27. Nama :Ni Komang Ayu Asari
    No :31
    Kls :XPH3
    Pada artikel tersebut saya dapat mengetahui tentang definisi personal hygiene yang dijelaskan secara padat singkat dan jelas mengenai materi tersebut serta dapat mengetahui jenis-jenis personal hygiene,dan faktor yang mempengaruhi seseorang melakukan personal hygiene dan juga di isi prnjelasan atau bukti dari para ahli.



    BalasHapus
  28. Nama: I Gede Dody Pranata
    No: 04
    Kelas: X PH3

    BalasHapus
  29. Nama: I Gede Dody Pranata
    No: 04
    Kelas: X PH3
    Pengetahuan tambahan yang saya dapat adalah tentang definisi personal hygiene, jenis-jenis personal hygiene seperti dan beberapa faktor yang mempengaruhi seseorang untuk melakukan personal hygiene.

    BalasHapus
  30. Nama: Ni Kadek wulan Damayanti
    No: 30
    Kls: XPH3

    Ilmu tambahan yang saya dapatkan adalah lebih mengenal tentang Personal Hygiene ,jenis-jenis personal hygiene serta faktor yang menpengaruhi seseorang melakukan personal hygiene.

    BalasHapus