4.
Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Section
Secara umum tugas dan
tanggung jawab dalam Public Area Section
dibedakan menjadi tiga berdasarkan shift kerja.
a. Morning Shift
Bertangung jawab terhadap
kebersihan dan pemeliharaan Public Area dan pelaksanaan kerja pada morning
shift, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap
tamu, sesuai dengan standar dan prosedur yang ditentukan. Jabaran tugas Public
Area Attendant yang bertugas morning shift, antara lain:
- Melakukan
handling over dengan night cleaner pada saat memulai kerja, dan handling
over dengan Public Area Attendant evening shift pada saat akan menyelesaikan
tugas.
- Membersihkan
standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
- Melakukan
dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
- Membersihkan
lantai dengan sweeping dan mopping.
- Membersihkan
restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang
sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
- Membersihkan
kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area
lain.
- Mengosongkan
tempat sampah di area umum.
- Menjaga
kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi,
baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
- Menjaga
kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.
- Melapor
pada Public Area supervisor apabila
adan kerusakan yang terjadi di area.
- Memeriksa
kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan.
- Menghadiri
program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
- Menghadiri
briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari,
dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor
atau housekeeper.
- Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, hygienis dan sanitasi baik untuk
kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
- Menjalankan
tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.
b. Evening Shift
Public Area Attendant
dengan evening shift bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan Public
Area dan pelaksanaan kerja pada evening shift menjalakan pelayanan Housekeeping
yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standar dan prosedur
yang ditentukan. Karyawan ini memiliki jabaran tugas, sebagai berikut:
- Melakukan
handling over dengan Public Area Attendant morning shift pada saat akan
memulai kerja.
- Membersihkan
standing ashtray di area lobby dan
area umum lainnya.
- Melakukan
dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
- Membersihkan
lantai dengan sweeping dan mopping.
- Membersihkan
restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang
sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
- Memeriksa
tempat-tempat sampah diarea umum dan mengosongkannya bilamana perlu.
- Menjaga
kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi,
baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
- Membersikan
back office, executive office atau management office bila ruangan sudh
tidak digunakan atau selepas office
hour .
- Menjaga
kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.
- Melapor pada Public
Area supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area.
- Memeriksa
kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan.
- Menghadiri
program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
- Menghadiri
briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari,
dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor
atau housekeeper.
- Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk
kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
- Menjalankan
tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.
c. Night Cleaner
Seorang night cleaner
bertanggung jawab terhadap kebersihan Public Area pada night shift menjalakan
pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai
dengan standar dan prosedur yang ditentukan. Yang harus dilakukan seorang night
cleaner, sebagai berikut:
- Melakukan
handling over dengan Public Area Attendant evening shift pada saat akan
memulai kerja, dan handling over dengan Public Area Attendant morning
shift pada saat akan menyelesaikan tugas.
- Melakukan
dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
- Membersihkan
lantai dengan sweeping dan mopping dan bila perlu menggunakan buffing
machine.
- Mengosongkan
tempat sampah di area umum.
- Menjaga
kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi,
baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
- Menjaga
kondisi seluruh area umum bersih dan rapi, termasuk employee service area,
seperti locker, koridor karyawan dan ruang parkir.
- Melapor pada Public
Area supervisor apabila ada kerusakan yang terjadi di area.
- Menjalankan
program general cleaning, shampooing carpet, re-coating marbel floor, atau
tugas yang disesuakan dengan kebutuhan.
- Menghadiri
program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
- Menghadiri
briefing rutin setiap hari, baik malam hari atau handling over pagi hari,
dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor
atau housekeeper.
- Menjalankan
prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk
kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
- Menjalankan
tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.
d. Gardener
Bagian ini bertanggung
jawab untuk taman secara keseluruhan baik yang ada di dalam dan di luar hotel.
Membuka ruang dengan taman yang indah adalah sangat diperlukan. Intinya adalah
untuk memberikan kesan yang baik kepada para tamu. di Sekitar pintu masuk hotel
(pintu masuk utama) biasanya dibuat dalam sistem taman sedemikian rupa agar terlihat
menarik. Petugas taman (tukang kebun) perlu mengetahui fungsi dan nilai
estetika. Gardener dapat berusaha agar taman tampak indah, menarik dan memiliki
seni. Tugas dan semua tanggung jawab terletak pada head of gardener dan
pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tukang kebun. Tugas pekerjaan utamanya
adalah sebagai berikut:
1) Merawat tanaman dan memupuk, meliputi:
- Mengelola tanah.
- Pupuk Crops.
- Menyiram
plants tersebut serta pemangkasan tanaman.
2) Mengatur penempatan dan pemeliharaan
tanaman, meliputi:
- Menukar
tanaman yang ada di rumah kaca untuk dibawa ke kebun dan di rawat.
- Pasang pot
tanaman yang baik dan bersih atau kotak tanaman hijau.
3) Tanaman , tugas ini meliputi:
- Menstek
- Grafting
- Penanaman
seedlings
- Membeli
plants baru.
5.
Penanganan Kebersihan Public Area
Penangan kebersihan
dimulai dari awal shift, bagi tugas, siapkan alat, lakukan pekerjaan, cek
hasil, dan laporan. Hal ini dilakukan sebagai pedoman bagi petugas supaya
mendapatkan hasil maksimal. Hal yang perlu diperhatikan:
- Sebelum shift
kerja, usahakan supervisior maupun housemen selalu membaca log book.
- Housemen
kembali membersikan peralatan kerja dan menyimpan ditempat yang telah
ditentukan.
- Housemen
mengetahui bahan kimia yang digunakan menurut aturan.
- General
cleaning di Public Area dilakukan siang untuk area koridor dan malam untuk
area meeting room dan restaurant. Hal ini dilakukan supaya tidak
mengganggu aktivitas tamu.
- Shampooing
carpet dilakukan dilaksanakan pada sore hari jika tidak terlalu ramai,
jika ramai dilakukan pada malam hari.
- Kristalisasi
dilakukan sesuai jadwal.
- Pembersihan
dan general cleaning restaurant sebaiknya berkoordinasi dengan FB Service.
Prosedur dilapangan
terkait penanganan kebersihan Public Area:
a. Supervisior:
- Memeriksa
jadwal atau daftar nama petugas harian dan general cleaning (housekeeping
action plan).
- Menentukan
lokasi pekerjan sesuai dengan program kerja.
- Memberikan
informasi housemen tentang pengerjaan program harian dan general cleaning.
- Koordinasi
dengan departemen terkait.
- Memeriksa
hasil kerja menggunakan cek list.
- Membuat
laporan.
b. Kondisi khusus:
- Bila hasil
pekerjaan tidak sesuai standar, supervisior meminta untuk membersihkan
kembali kepada housemen.
- Jika saat
pengerjaan ditemui kerusakan maka laporkan ke supervisior untuk membuat
work order.
- Jika saat
pengerjaan area ada tamu meminta bantuan, maka harus segera di bantu. Jika
perlu, tingkalkan pekerjaan untuk sementra waktu dan menyimpan perlatan
pada tempatnya.
- Apabila saat
pengerjaan ada pernintaan dari department lain yang sifatnya urgent dan
tidak boleh ditunda maka langsung petugas membersihkannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar