Cari di Blog Ini

Minggu, 19 April 2020

MEMAHAMI PUBLIC AREA SECTION (BAGIAN 2)


4. Tugas dan Tanggung Jawab Public Area Section
Secara umum tugas dan tanggung jawab dalam Public Area Section  dibedakan menjadi tiga berdasarkan shift kerja.
a. Morning Shift
Bertangung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan Public Area dan pelaksanaan kerja pada morning shift, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standar dan prosedur yang ditentukan. Jabaran tugas Public Area Attendant yang bertugas morning shift, antara lain:
  • Melakukan handling over dengan night cleaner pada saat memulai kerja, dan handling over dengan Public Area Attendant evening shift pada saat akan menyelesaikan tugas.
  • Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
  • Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
  • Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping.
  • Membersihkan restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
  • Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
  • Mengosongkan tempat sampah di area umum.
  • Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
  • Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.
  • Melapor pada  Public Area supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area.
  • Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan.
  • Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
  • Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
  • Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, hygienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  • Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

b. Evening Shift
Public Area Attendant dengan evening shift bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan Public Area dan pelaksanaan kerja pada evening shift menjalakan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standar dan prosedur yang ditentukan. Karyawan ini memiliki jabaran tugas, sebagai berikut:
  • Melakukan handling over dengan Public Area Attendant morning shift pada saat akan memulai kerja.
  • Membersihkan standing ashtray  di area lobby dan area umum lainnya.
  • Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
  • Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping.
  • Membersihkan restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
  • Memeriksa tempat-tempat sampah diarea umum dan mengosongkannya bilamana perlu.
  • Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
  • Membersikan back office, executive office atau management office bila ruangan sudh tidak digunakan  atau selepas office hour .
  • Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi.
  • Melapor pada Public Area supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area.
  • Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan.
  • Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
  • Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handling over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
  • Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  • Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

c. Night Cleaner
Seorang night cleaner bertanggung jawab terhadap kebersihan Public Area pada night shift menjalakan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standar dan prosedur yang ditentukan. Yang harus dilakukan seorang night cleaner, sebagai berikut:
  • Melakukan handling over dengan Public Area Attendant evening shift pada saat akan memulai kerja, dan handling over dengan Public Area Attendant morning shift pada saat akan menyelesaikan tugas.
  • Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
  • Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping dan bila perlu menggunakan buffing machine.
  • Mengosongkan tempat sampah di area umum.
  • Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
  • Menjaga kondisi seluruh area umum bersih dan rapi, termasuk employee service area, seperti locker, koridor karyawan dan ruang parkir.
  • Melapor pada Public Area supervisor apabila ada kerusakan yang terjadi di area.
  • Menjalankan program general cleaning, shampooing carpet, re-coating marbel floor, atau tugas yang disesuakan dengan kebutuhan.
  • Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
  • Menghadiri briefing rutin setiap hari, baik malam hari atau handling over pagi hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan supervisor atau housekeeper.
  • Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  • Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.

d. Gardener
Bagian ini bertanggung jawab untuk taman secara keseluruhan baik yang ada di dalam dan di luar hotel. Membuka ruang dengan taman yang indah adalah sangat diperlukan. Intinya adalah untuk memberikan kesan yang baik kepada para tamu. di Sekitar pintu masuk hotel (pintu masuk utama) biasanya dibuat dalam sistem taman sedemikian rupa agar terlihat menarik. Petugas taman (tukang kebun) perlu mengetahui fungsi dan nilai estetika. Gardener dapat berusaha agar taman tampak indah, menarik dan memiliki seni. Tugas dan semua tanggung jawab terletak pada head of gardener dan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh tukang kebun. Tugas pekerjaan utamanya adalah sebagai berikut:
1) Merawat tanaman dan memupuk, meliputi:
  • Mengelola tanah.
  • Pupuk Crops.
  • Menyiram plants tersebut serta pemangkasan tanaman.
2) Mengatur penempatan dan pemeliharaan tanaman, meliputi:
  • Menukar tanaman yang ada di rumah kaca untuk dibawa ke kebun dan di rawat.
  • Pasang pot tanaman yang baik dan bersih atau kotak tanaman hijau.
3) Tanaman , tugas ini meliputi:
  • Menstek
  • Grafting
  • Penanaman seedlings
  • Membeli plants baru.

5. Penanganan Kebersihan Public Area
Penangan kebersihan dimulai dari awal shift, bagi tugas, siapkan alat, lakukan pekerjaan, cek hasil, dan laporan. Hal ini dilakukan sebagai pedoman bagi petugas supaya mendapatkan hasil maksimal. Hal yang perlu diperhatikan:
  • Sebelum shift kerja, usahakan supervisior maupun housemen selalu membaca log book.
  • Housemen kembali membersikan peralatan kerja dan menyimpan ditempat yang telah ditentukan.
  • Housemen mengetahui bahan kimia yang digunakan menurut aturan.
  • General cleaning di Public Area dilakukan siang untuk area koridor dan malam untuk area meeting room dan restaurant. Hal ini dilakukan supaya tidak mengganggu aktivitas tamu.
  • Shampooing carpet dilakukan dilaksanakan pada sore hari jika tidak terlalu ramai, jika ramai dilakukan pada malam hari.
  • Kristalisasi dilakukan sesuai jadwal.
  • Pembersihan dan general cleaning restaurant sebaiknya berkoordinasi dengan FB Service.

Prosedur dilapangan terkait penanganan kebersihan Public Area:
a. Supervisior:
  • Memeriksa jadwal atau daftar nama petugas harian dan general cleaning (housekeeping action plan).
  • Menentukan lokasi pekerjan sesuai dengan program kerja.
  • Memberikan informasi housemen tentang pengerjaan program harian dan general cleaning.
  • Koordinasi dengan departemen terkait.
  • Memeriksa hasil kerja menggunakan cek list.
  • Membuat laporan.

b. Kondisi khusus:
  • Bila hasil pekerjaan tidak sesuai standar, supervisior meminta untuk membersihkan kembali kepada housemen.
  • Jika saat pengerjaan ditemui kerusakan maka laporkan ke supervisior untuk membuat work order.
  • Jika saat pengerjaan area ada tamu meminta bantuan, maka harus segera di bantu. Jika perlu, tingkalkan pekerjaan untuk sementra waktu dan menyimpan perlatan pada tempatnya.
  • Apabila saat pengerjaan ada pernintaan dari department lain yang sifatnya urgent dan tidak boleh ditunda maka langsung petugas membersihkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar